Penataan Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus Penataan Jabatan Pelaksana di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri


Jakarta – Selasa 20 April 2021, Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Kegiatan Pemetaan Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus Penataan Jabatan Pelaksana di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Gedung A Lt. III, Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan ini dibuka oleh Dra. Rahajeng Purwianti, M.Si Kepala Biro Kepegawaian, dihadiri oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Dr. Ir.  Muhammad Hudori, M.Si CRGP, sekaligus Pembawa Materi Kegiatan dan Para Pejabat Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Berikut beberapa Pointer Bapak Sekretaris Jenderal Rapat Pemetaan Kebutuhan Asn Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri :

  1. Berdasarkan data pada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Biro Kepegawaian Kemendagri, diperoleh data eksisting PNS di lingkungan Kementerian Dalam Negeri per tanggal 19 April 2021 sejumlah 5.118 (lima ribu seratus delapan belas) orang yang tersebar pada 12 (dua belas) unit kerja eselon I di lingkungan Kemendagri.
  2. Berdasarkan rekapitulasi Pegawai Non-PNS di lingkungan Kemendagri Tahun 2021 terdapat sejumlah 2.931 (dua ribu sembilan ratus tiga puluh satu) orang yang tersebar pada 12 (dua belas) unit kerja eselon I di lingkungan Kemendagri.
  3. Berdasarkan ketentuan Pasal 99 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPK dijelaskan bahwa “Pegawai Non-PNS bertugas  pada instansi pemerintah, masih tetap melaksanakan tugas paling lama 5 (lima) tahun.”
  4. Berdasarkan hasil rekapitulasi data PNS Kemendagri sesuai dengan Peta Jabatan Nomor 061-2842 tentang Peta Jabatan di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri, diperoleh data sebagai berikut:
  1. Jabatan Struktural yang terisi sejumlah 504 (lima ratus empat) formasi, sedangkan yang kosong sejumlah 52 (lima puluh dua) formasi.
  2. Jabatan Fungsional yang terisi sejumlah 978 (sembilan ratus tujuh puluh delapan) formasi, sedangkan yang kosong sejumlah 981 (sembilan ratus delapan puluh satu) formasi;
  3. Jabatan Pelaksana yang terisi sejumlah 2.707 (dua ribu tujuh ratus tujuh) formasi, sedangkan yang kosong sejumlah 3.165 (tiga ribu seratus enam puluh lima) formasi.
  1. Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800/4937/SJ tanggal 4 September 2021 hal Usul Kebutuhan PNS dan PPPK di lingkungan Kemendagri dan BNPP Tahun 2021, telah disampaikan usulan kebutuhan kepada Menteri PANRB sejumlah 1.183 (seribu seratus delapan puluh tiga) orang, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Usul formasi PNS sejumlah 571 (lima ratus tujuh puluh satu) orang;
  2. Usul Formasi PPPK sejumlah 612 (enam ratus dua belas) orang.
  3. Mengingat pada tahun 2021 Kemendagri tidak menganggarkan pengadaan PPPK, maka alokasi formasi PPPK dialihkan pada formasi PNS sehingga alokasi formasi PNS sejumlah 1.183 (seribu seratus delapan puluh tiga) orang.
  1. Mekanisme pengusulan kebutuhan PNS di lingkungan Kemendagri dan BNPP dilakukan berdasarkan hasil penyusunan Analisis Jabatan dan penghitungan Analisisi Beban Kerja oleh masing-masing unit kerja Kemendagri.
  2. Tahapan seleksi pengadaan PNS dibagi ke dalam tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diselenggarakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN berdasarkan pada prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktek KKN dan tidak dipungut biaya.
  3. Selanjutnya, unit kerja di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan BNPP perlu mengkaji usul kebutuhan PNS prioritas dengan didasarkan pada Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja.

Kegiatan Pemetaan Kebutuhan Apartur Sipil Negara (ASN) sekaligus Penataan Jabatan Pelaksana di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri ini berlangsung dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

 

 

Share:

Copyright © 2015 BIRO KEPEGAWAIAN KEMENDAGRI, All Rights Reserved.
 Chatbot Widget

    Halo,, saya Rita Kemendagri, dari Biro Kepegawaian, your virtual personal assisstant. Siap melayani anda