Tugas dan Fungsi

Posted on 2018-08-24 11:33:18


Tugas


 

Biro Kepegawaian  mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretariat Jenderal dalam pembinaan dan pengelolaan administrasi aparatur sipil negara di lingkungan kementerian, pemberian penghargaan, tanda jasa, dan sanksi aparatur sipil neraga di lingkungan kementerain dan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan.

 

Fungsi


Biro Kepegawaian dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut;

  • Penyusunan analisis kebutuhan, formasi, dan pelaksanaan pengadaan aparatur sipil negara;
  • Pengelolaan, dan pengembangan sistem informasi manajemen aparatur sipil negara, serta manajemen naskah dan dokumen aparatur sipil negara;
  • Peningkatan kapasitas aparatur sipil negara;
  • Pengelolaan dan pengembangan penilaian kinerja aparatur sipil negara;
  • Pengelolaan dan pengembangan assessment center;
  • Pengelolaan data, pengangkatan dan pemberhentian jabatan fungsional;
  • Pelaksanaan penataan dan mutasi jabatan;
  • Penyelesaian penempatan, pengangkatan, mutasi, dan kepangkatan aparatur sipil negara;
  • Penyelesaian pemberhentian dan pemberian pensiun aparatur sipil negara;
  • Pelaksanaan penegakkan disiplin, pemberian penghargaan dan perlindungan aparatur sipil negara;
  • Penyusunan, diseminasi, penerapan, dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan aparatur sipil negara di lingkungan kementerian;
  • Penyiapan telaahan kebijakan dalam pengelolaan manajemen aparatur sipil negara di daerah; dan
  • Penyusunan rencana program kerja dan anggaran biro, pengelolaan administrasi aparatur sipil negara, urusan rumah tangga, dan tata usaha biro.

 

 

Biro Kepegawaian

 

1. Bagian Perencanaan Kepegawaian

    Bagian Perencanaan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan analisis kebutuhan, penyusunan formasi, pelaksanaan pengadaan aparatur sipil negara, pengembangan sistem informasi manajemen aparatur sipil negara, pengelolaan manajemen naskah dan dokumen aparatur sipil negara, pengelolaan dan pengembangan sistem daftar hadir elektronik finger print, penyusunan rencana program kerja dan anggaran biro, pengelolaan administrasi aparatur sipil negara, urusan rumah tangga, dan tata usaha biro.

Bagian Perencanaan Kepegawaian dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi sebagai berikut;

  • Penyiapan analisis kebutuhan dan penyusunan formasi PNS, lulusan Praja IPDN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  • Penyusunan rencana redistribusi dan proyeksi kebutuhan aparatur sipil negara;
  • Pengkoordinasian, penyiapan dan pelaksanaan pengadaan aparatur sipil negara baru;
  • Pelaksanaan analisis, penyusunan dan penyajian laporan atas data dan informasi aparatur sipil negara;
  • Penyusunan dan pengembangan desain aplikasi, dukungan teknis teknologi informasi, bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi sistem informasi manajemen aparatur sipil negara;
  • Manajemen naskah dan dokumen aparatur sipil negara;
  • Pengelolaan dan pengembangan sistem daftar elektronik finger print; dan
  • Penyusunan rencana program kerja dan anggaran biro, pengelolaan administrasi aparatur sipil negara, urusan rumah tangga, dan tata usaha biro.

1.1 Bagian Perencanaan Kebutuhan, terdiri atas:

  • Subbagian Analisis Kebutuhan dan Formasi

Subbagian Analisis Kebutuhan dan Formasi mempunyai tugas melakukan analisis kebutuhan dan penyusunan formasi PNS, lulusan Praja IPDN, dan PPPK, penyiapan rencana redistribusi dan proyeksi kebutuhan, pembinaan aparatur sipil negara, pengkoordinasian, penyiapan dan pelaksanaan pengadaan pembinaan aparatur sipil negara.

  • Subbagian Data dan Informasi Kepegawaian

Subbagian Data dan Informasi Kepegawaian mempunyai tugas melakukan analisis dan penyusunan serta penyajian laporan atas data dan informasi aparatur sipil negara, penyusunan dan pengembangan desain aplikasi, dukungan teknis teknologi informasi, bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi sistem informasi manajemen aparatur sipil negara, pengelolaan dan pengembangan sistem daftar elektronik finger print, manajemen naskah dan dokumen aparatur sipil negara.

  • Subbagian Tata Usaha Biro.

Subbagian Tata Usaha Biro mempunyai tugas melakukan pengkoordinasian, penyiapan dan penyusunan rencana kerja, rencana kerja anggaran, rencana kinerja tahunan, perjanjian kerja organisasi, dan laporan kinerja, penyiapan dan pengelolaan rumah tangga, tata usaha dan persuratan, serta pengelolaan keuangan dan pembinaan aparatur sipil negara biro.


2. Bagian Pengembangan Karier

    Bagian Pengembangan Karier mempunyai tugas melaksanakan penilaian kompetensi, peningkatan kapasitas, dan penilaian kinerja aparatur sipil negara.

Bagian Pengembangan Karier dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  • Pengkoordinasian penyusunan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan;
  • Penyiapan usul calon peserta pendidikan dan pelatihan;
  • Monitoring dan evaluasi pemanfaatan alumni peserta pendidikan dan pelatihan aparatur sipil negara;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan kompetensi;
  • Pelaksanaan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijasah aparatur sipil negara;
  • Pengelolaan dan pengembangan manajemen kinerja PNS dan PPPK;
  • Pengelolaan assesment center dan penilaian kompetensi aparatur sipil negara;
  • Pengembangan dan evaluasi assessment center;
  • Penyiapan seleksi pengisian dan mutasi jabatan pimpinan tinggi;
  • Penyiapan pengisian dan mutasi jabatan administrator, jabatan pelaksanaan kementerian, dan jabatan pengawas lingkup sekretariat jenderal;
  • Penyusunan, monitoring dan evaluasi pola karir aparatur sipil negara; dan
  • Pelaksanaan manajemen talenta.

2.1 Bagian Pengembangan Karier, terdiri atas:

  • Subbagian Analisa Pengembangan Kapasitas

Subbagian Analisa Pengembangan Kapasitas mempunyai tugas melakukan pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan rencana analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan, penyiapan usul calon peserta pendidikan dan pelatihan, evaluasi dan monitoring pemanfaatan alumni pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan kompetensi manajerial, penyiapan usul ijin belajar dan tugas belajar, penyiapan usul pencantuman nama gelar, pengelolaan data, pengangkatan dan pemberhentian jabatan fungsional serta pelaksanaan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijasah aparatur sipil negara.

  • Subbagian Penilaian Kompetensi dan Penataan Jabatan

Subbagian Penilaian Kompetensi dan Penataan Jabatan mempunyai tugas melakukan pengelolaan dan pengembangan assessment center, manajemen talenta aparatur sipil negara, penyiapan dan pengkoordinasian seleksi pengisian dan mutasi jabatan pimpinan tinggi, pengisian dan mutasi jabatan administrator, jabatan pelaksana kementerian, serta pengisian jabatan pengawas lingkup sekretariat jenderal.

  • Subbagian Penilaian Kinerja Pegawai.

Subbagian Penilaian Kinerja Pegawai mempunyai tugas melakukan diseminasi sistem penilaian kinerja PNS dan PPPK, pengelolaan dan pengembangan sistem penilaian kinerja PNS dan PPPK, monitoring dan evaluasi manajemen penilaian kinerja PNS dan PPPK, dan penilaian prestasi kerja aparatur sipil negara.


3. Bagian Mutasi

     Bagian Mutasi mempunyai tugas pengisian jabatan dan mutasi jabatan, mutasi, pengaturan status, kepangkatan, pemberhentian dan pensiun aparatur sipil negara.

Bagian Mutasi dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  • Pelaksanaan redistribusi dan pemantauan pola mutasi aparatur sipil negara;
  • Penyelesaian usul alih status, pindah antar unit kerja, dan pindah ke instansi lain di luar atau ke lingkungan kementerian;
  • Penyiapan dan penyelesaian penempatan, pengangakatan CPNS kementerian dan lulusan IPDN dan pengangkatan PNS, pelaksanaan orientasi kerja CPNS, penyiapan sumpah dan janji PNS;
  • Penyiapan dan penyelesaian kenaikan pangkat aparatur sipil negara;
  • Penyiapan dan penyelesaian usul pemberhentian aparatur sipil negara, pemensiunan, pemberian uang tunggu, jaminan pensiun, jaminan hari tua dan uang duka tewas;
  • Penyiapan dan penyelesaian usul penerbitan Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE), kenaikan gaji berkala, impassing gaji pokok pegawai dan penyiapan dan penyelesaian usul peninjauan masa kerja aparatur sipil negara.

3.1 Bagian Mutasi, terdiri atas:

  • Subbagian Pengangkatan Pegawai;

Subbagian Pengangkatan Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan penempatan, pengangkatan CPNS kementerian dan lulusan pendidikan kepamongprajaan, pengangkatan PNS, dan kenaikan pangkat pegawai, pelaksanaan orientasi kerja CPNS, penyiapan sumpah dan janji PNS, dan pemagangan pegawai.

  • Subbagian Mutasi Alih Status dan Kader

Subbagian Mutasi Alih Status dan Kader mempunyai tugas melakukan penyiapan dan penyelesaian usul alih status, pindah antar unit kerja, dan pindah ke instansi lain di luar atau ke lingkungan kementerian bagi calon pegawai, pegawai tugas belajar, lulusan pendidikan kepamongprajaan, dan perguruan tinggi lainnya.

  • Subbagian Pemberhentian Pegawai.

Subbagian Pemberhentian Pegawai mempunyai tugas melakukan penyiapan dan penyelesaian usul pemberhentian aparatur sipil negara, pemensiunan, pemberian uang tunggu, jaminan pensiun, jaminan hari tua, uang duka tewas, penerbitan Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE), kenaikan gaji berkala, impassing gaji pokok dan peninjauan masa kerja aparatur sipil negara.

 

4. Bagian Disiplin dan Penghargaan.

     Bagian Disiplin dan Penghargaan mempunyai tugas pemantauan dan menegakkan disiplin dan kode etik aparatur sipil negara, penyelesaian kasus aparatur sipil negara, menyiapkan usul pemberian penghargaan, tanda jasa, dan sanksi aparatue sipil negara lingkup kementerian dan pemerintah daerah, perijinan, penyelesaian Laporan Pajak Pribadi, pemantauan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara dan melaksanakan penyusunan desiminasi, penerapan, dan mengoordinasikan penyusunan dan evaluasi peraturan perundang-undangan aparatur sipil negara.

Bagian Disiplin dan Penghargaan dalam melaksanakan tugas, menyelenggarakan fungsi:

  • Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan kode etik, disiplin dan penghargaan;
  • Pelaksanaan pemantauan, pemeriksaan dan penegakkan disiplin dan kode etik PNS dan PPPK;
  • Penyiapan pendampingan dan konsultasi aparatur sipil negara bermasalah;
  • Penyiapan penyelesaian kasus aparatur sipil negara;
  • Pemantauan LHKPN dan penyelesaian LP2P lingkup kementerian;
  • Penyelesaian usul ijin cuti jabatan pimpinan tinggi dan jabatan fungsional dan jabatan administrasi;
  • Penyelesaian usul ijin perceraian;
  • Penyelesaian penerbitan kartu istri/kartu suami, pemberian rekomendasi Bapertarum/taperum, dan ijin pemeriksaan kesehatan CPNS;
  • Pelaksanaan perlindungan PNS dan PPPK yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan bantuan hukum aparatur sipil negara;
  • Pengaktifan dan pemulihan kembali aparatur sipil negara;
  • Pemberian penghargaan dan tanda jasa; dan
  • Penyusunan, diseminasi, penerapan, dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan aparatur sipil negara di lingkungan kementerian.

4.1 Bagian Disiplin dan Penghargaan, terdiri atas:

  • Subbagian Disiplin

Subbagian Disiplin mempunyai tugas melakukan pemantauan, pemeriksaan, dan penegakkan disiplin dan kode etik PNS dan PPPK, pendampingan dan konsultasi aparatur sipil negara bermasalah, pemantauan LHKPN dan penyelesaian LP2P lingkup kementerian, penyelesaian ijin cuti jabatan pimpinan tinggi dan jabatan fungsional dan jabatan administrasi, penyelesaian usul ijin perceraian, pengaktifan dan pemulihan kembali aparatur sipil negara kementerian.

  • Subbagian Administrasi Penghargaan dan Perlindungan.

Subbagian Administrasi Penghargaan dan Perlindungan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyiapan usulan pemberian penghargaan dan tanda jasa aparatur sipil negara, penyelesaian penerbitan kartu istri/kartu suami, pemberian rekomendasi Bapertarum/taperum, dan ijin pemeriksaan kesehatan CPNS, pelaksanaan perlindungan PNS dan PPPK yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan bantuan hukum aparatur sipil negara kementerian.

  • Subbagian Peraturan Kepegawaian.

Subbagian Peraturan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan, penyusunan, desiminasi, penerapan, dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan aparatur sipil negara, dan penyelesaian kasus aparatur sipil negara kementerian.

Lampiran File :

Download


Copyright © 2015 BIRO KEPEGAWAIAN KEMENDAGRI, All Rights Reserved.
 Chatbot Widget

    Halo,, saya Rita Kemendagri, dari Biro Kepegawaian, your virtual personal assisstant. Siap melayani anda